Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Naik Tipis, Trader Pantau Isyarat Suku Bunga AS Turun

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Naik Tipis, Trader Pantau Isyarat Suku Bunga AS Turun

Equityworld Futures | Harga emas naik tipis karena para investor menunggu sejumlah data ekonomi AS minggu ini untuk mendapatkan lebih banyak isyarat mengenai jadwal pemangkasan suku bunga oleh Federal Reserve.

Equityworld Futures | Saham Teknologi Bikin S&P Tembus Rekor Tertinggi, Wall Street Bervariasi

Melansir laman CNBC, Rabu (24/1/2024), harga emas hari ini di pasar spot naik 0,2% menjadi USD 2.025,09 per ons. Sedangkan harga emas berjangka ditutup 0,2% lebih tinggi ke posisi USD 2025,8.

“Pasar emas berada di atas angka USD 2.000 dan tampaknya menjadi pasar yang netral. Setiap kali kita mulai menembus lebih tinggi, kita kembali turun,” kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Dia mengatakan, ada banyak ketidakpastian mengenai apa yang akan terjadi secara ekonomi di Amerika Serikat. Adapun fokus minggu ini adalah pada laporan PMI kilat AS, estimasi PDB kuartal keempat dan data pengeluaran konsumsi pribadi.

Pejabat Fed pada pekan lalu mengatakan bahwa bank sentral AS membutuhkan lebih banyak data inflasi sebelum keputusan penurunan suku bunga dapat diambil dan bahwa dasar untuk memulai penurunan suku bunga adalah pada kuartal ketiga.

Pasar memperkirakan bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada akhir pertemuan kebijakan pada 30-31 Januari dan telah memangkas waktu penurunan suku bunga pertama, menurut FedWatch Tool CME.

“Rebound baru-baru ini (harga emas) tampaknya semakin dangkal, yang meningkatkan prospek pelemahan lebih lanjut jika bank sentral terus menekan ekspektasi pasar akan penurunan suku bunga,” tulis Michael Hewson, Kepala Analis Pasar di CMC Markets.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started